Friday, November 29, 2013

Tutorial Membuat Game Tebak Angka

Nah disini kita dari kelompok 29 akan share tentang program membuat game yang dinamis menggunakan eclipse pada java. Di amati dengan baik baikya…
Kita akan memberi tutorialnya  dari awal membuka eclipse.
      1.   Membuka eclipse, jika belum mempunyai aplikasi eclipse maka instal aplikasi eclipse.
             2.   Setelah proses membuka ,akan muncul kotak dialog Workspace Launcher untuk letak dimana kita   menyimpan datanya. Klik browse jika ingin meletakkan datanya di folder lainnya. Lalu klik OK.
 
       3.  Lalu akan muncul :




         4.   Pilih restore di sebelah kiri atas user.


5.    Setelah di klik restore, akan muncul seperti ini :

1       6.   Membuat Java Project dengan cara klik menu bar file ,lalu pilih new –Java Project.

      7.   Menuliskan nama Java Project yang kita buat , misalnya ketik game di  Project name.
  8.    Ketika sudah selesai mengetikkan di project name, klik finish.
      9.    Setelah itu membuat package dengan cara klik kanan pada folder game seperti gambar dibawah ini :



             10.    Ketika package sudah di klik, akan mencul kotak dialog new java package. Lalu tulis nama package di name sesuai keinginan kita, misalkan ketik game.



            11.    Kalau sudah selesai menuliskan nama package, klik finish.
           12.   Membuat Class dengan cara sepertimembuat package :

      13.    Mengetikkan nama classnya,  misalnya game1. Di nama class tidak boleh menggunakan spasi jadi menggunakan _. Jangan lupa centang pada tulisan public static void (string[]args). Setelah itu klik finish.
      14.   Fungsinya menyentang public static void(string[]args) untuk menampilkan secara otomatis tulisan public static void (string[]args) seperti gambar di bawah ini :
    15.    Ketikkan import java.util.* berfungsi untuk mengimport semua fungsi yang ada pada eclipse.
   16.    Berfungsi untuk perwakilan data yang akan dibaca oleh program pada saat program dijalankan nanti.
17.    Integer atau int berfungsi untuk bilangan bulat dan dapat dilakukan proses matematika.
    18.    System.out.print untuk menampilkan hasil output seperti yang diketikan di dalam(“    ”)
System.out.println untuk menampilkan hasil output seperti yang diketikkan di dalam (“  “) tetapi berganti baris



          19.    Fungsi dari random adalah rumus untuk mengacak angka yang kita inputkan.


20.    Fungsi next() tersebut untuk menghasilkan output jika klik enter akan melanjutkan ke proses selanjutnya. next.Int() berlaku untuk variabelnya integer.


           21.    Maksud dari if(x==0) adalah jika kita inputkan 0 maka akan berlangsung program selanjutnya.


          22.   Do...while itu digunakan untuk melakukan perulangan statement minimal satu kali. While sendiri untuk menyatakan suatu kondisi.



         23.   Disini kita menggunakan percabangan if else. Yang terdiri dari beberapa kondisi.



            24.    Nah setelah itu kita run dengan klik Ctrl+f11, akan menghasilkan :






No comments:

Post a Comment